SEJARAH ANGKLUNG..

beberapa hari lalu liat note ttg ini yang di tulis ma FBnya KPA ITB (Keluarga Paduan Angklung ITB).. mau ikut nge share ah.. :)

——————————————————————————————————-

pada tau ga sih ttg sejarah angklung?
Darimana sih sebenernya angklung itu pertama kali muncul?
apa benar dr Jawa Barat?
knapa sih Malaysia, thailand, dan filipine juga bs punya angklung?
siapa sih Pak Daeng?
knapa bisa jd Bapak Angklung ??

yu kita bahas satu2..

Menurut sumber yang saya baca; angklung itu pertama kali muncul dr Bali loh! *apaa??
Buktinya nama angklung itu berasal dr bahasa bali yang artinya Ang=Nada dan Klung=Rusak
Naah, dr Bali itu angklung kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia dan juga Negeri tetangga. Makanya, sebenarnya susah untuk memastikan bahwa angklung berasal dr Bali, karena setiap daerah dan negara mempunyai sejarah kemunculan Angklung dr jaman duluu kala. Bentuknya pun dimodifikasi sesuai dgn daerahnya masing2. Seperti angklung di thailand yang mempunyai 3tabung. Angklung di Indonesia lebih mirip yang dr Filipine. Cara memainkannya pun khas di setiap daerah. ada yang memainkan satu rak (kyk accomp gt), ada yg dipegang biasa, dll.

Di Bali, tempat asalnya, Angklung kurang berkembang pesat. Angklung justru berkembang sangat pesat di Jawa Barat. Nah, di Jawa Barat sendiri itu ada berbagai macam jenis angklung, sesuai dengan bentuk dan fungsinya. Ada:
1. Angklung Gubrak
Dipakai buat memohon panen ke Dewi Sri (dewa padi). Knapa gubrak?? ktanya saking bagusnya suara angklung, bisa ngebuat Dewi Sri dr kahyangan jatuh tigubrak ke bumi *lebaay. haha. seriusan itu!
2. Angklung Baduy
3. Angklung Buncis
apakah bntuknya sperti buncis? sepertinya tidak..
4. Angklung Bungko
keempat angklung diatas bernada pentatonis, yaitu hanya Da, Mi, Na, Ti, dan La
5. Angklung Padaeng
Naaah. ini angklung yang kita mainin! Satu2nya jenis angklung yg diatonis. Ini angklung yang jadi persengkataan antara Indo-Malay. kareeenna, angklung ini jelas2 asli buatan Indonesia, buatan Pak Daeng Soetigna. Nama KPA pun sebenrnya harusnya KPAP, Keluarga Paduan Angklung Padaeng. klo ga, ga jelas kita mainin angklung jenis apa. kita bahas lebih lanjut sepak terjang pak daeng!

Di Jawa Barat, dan juga di daerah lain umumnya, angklung dipakai untuk perayaan2 atau upacara tradisional. Nah, setelah Belanda masuk, dipakai oleh para pemuda untuk membangkitkan semangat perjuangan melawan penjajah! Mereka mengkritik para kompeni lewat lagu2 yg dimainkan dgn angklung dr daerah ke daerah lain. Kemudian, Belanda yg takut, merasa terancam akan semngat pemuda, angklung pun akhirnya DILARANG untuk dimainkan! Akhirnya ga ada yg berani lg main angklung, perkembangan angklung pun berhenti saat itu.Kemudian setelah Belanda pergi, angklung kemudian mulai dimainkan lagi, oleh para PENGAMEN JALANAN! atau yg sering disebut barangmaen. Sedih kan? angklung jd turun jabatan, yg tadinya alat musik sakral, kemudian alat musik perjuangan, berubah menjadi alat musik jalanan!

Keterpurukan angklung mulai sirna saat seorang guru dr Kuningan yg bernama Daeng Soetigna tertarik mengembangkan angklung untuk pendidikan murid2nya. Setlah mebujuk seorang pengemis, Aki Jaya, untuk mengajarkannya cara membuat angklung, Beliau kemudian memodifikasi angklung pentatonis menjadi Diatonis (Do, Re, Mi, Fa, Sol, La, Si). Sehingga, tidak hanya lagu daerah, skr angklung bs memainkan semua genre musik! Angklung mulai dilirik kembali oleh masyarakat setelah Padaeng berhasil membawa tim angklungnya tampil di Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

Akhirnyaa.. pemerintah mngeluarkan Sk No.082 tahun 1968 yang menyebutkan angklung merupakan alat musik pendidikan. Dengan konsep 5 M; murah, mudah, massal, mendidik, dan menyenangkan.

credit by: KPA ITB @ Facebook

———————————————————————————————————

nah begituu sejarah singkatnya.. :)

About these ads

3 thoughts on “SEJARAH ANGKLUNG..

  1. wah bagus banget sejarah tentang angklung..kebetulan anak saya ada tugas dr sekolah tentang sejarah angklung. artikel ini sangat membantu sekali…makasih ya…

  2. MAJU TERUZ BUDAYA INDONESIA,,,
    JANAGN MAU DIREBUT OLEH NEGARA LAIN,,,
    >>>MERDEKA<<<
    SALAM PRIKITIUW. , .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s